Membuat Mini Drawer Sederhana Dari Kertas Karton

Ide kreatif membuat laci serbaguna (Mini Drawer) sederhana dari kertas karton ini,  bisa kita praktekkan dirumah. Bahan  dan alatnya cukup sederhana, bahkan mungkin sebagian gak perlu kita beli lagi karena sudah ada dirumah. Cara membuatnya susah-susah gampang sih, tergantung tingkat kesabaran kita. Tapi yang namanya dibuat sendiri, pasti menghasilkan sensasi kepuasan tersendiri. Apalagi kalau bisa memiliki fungsi, double deh puasnya.

Mini Drawer. (cr:bisikan)
Mini Drawer diatas bisa kita fungsikan sebagai wadah benda-benda kecil yang kalo gak ditaro diwadah ujungnya raib entah kemana. Contohnya aksesoris, alat jahit dan pernak pernik lain.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat mini drawer :
  • Kertas karton (Banyaknya tergantung seberapa besar ukuran laci yang mau dibuat)
  • Gunting
  • Lem tembak
  • Double tape / lakban
  • Pensil
  • Penggaris
  • Kertas kado (warna dan corak sesuai selera)
  • Pita / Pernak-pernik lain untuk menambah cantik tampilan

Cara membuat Mini Drawer

1.  Buat pola di atas selembar karton berukuran 33 cm x 33 cm. Gambarlah 9 kotak atau persegi berukuran masing-masing 11cm x 11cm. Ulangi cara ini hingga menghasilkan 4 buah pola. Pola ini nantinya akan menjadi wadah/rumah bagi laci yang selanjutnya akan kita buat.

Buat 4 buah pola seperti ini

2. Setelah membuat 4 pola rumah laci, selanjutnya kita buat pola lacinya. Siapkan karton berukuran 31,5 cm x 31,5 cm. Lalu buatlah 9 bentuk persegi pada karton tersebut dengan ukuran 10,5 cm x 10,5 cm. Sama seperti pola nomor 1, buat juga pola ini sebanyak 4 buah.


3. Selanjutnya, gunting keempat persegi di masing-masing ujung. Gunanya untuk membuat pola seperti gambar diatas. Lakukan hal yang sama pada pola lainnya. 

4. Satukan tiap sisi pada tiap pola hingga berbentuk kubus tanpa tutup. Rekatkan tiap sisinya dengan lakban agar bisa menyatu. Lakukan hal yang sama pada setiap pola yang tersisa.



5. Jika sudah terkumpul delapan buah kubus. Bungkus setiap kubus dengan kertas kado yang sudah disiapkan. Pilihlah warna dan corak kertas kado yang eye catching  agar terlihat lebih menarik. Walau hal ini kembali kepada selera masing-masing. Untuk pola kubus wadah laci (pola nomor 1), kamu bisa membungkusnya kembali dengan karton warna hitam agar tampilan lakbannya tertutup dan terlihat lebih rapih.



6.  Jika sudah selesai membungkus keempat kubus laci, selanjutnta ambil guntingan pita sepanjang 9cm lalu tempelkan di bagian depan. Pita ini nantinya berfungsi sebagai penarik laci, supaya memudahkan kita untuk membukanya. Untuk lebih menambah kesan cantik, pita bisa diberi aksesori tambahan, disini menggunakan mutiara. Tentunya kamu bisa menggunakan alternatif lain.



 Demikian cara membuat mini drawer dengan menggunakan kertas karton. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk pembaca. Selamat berkreasi!

0 comments:

Post a Comment